Monday, March 9, 2015

Cara Membagi File yang Berukuran Besar

Pada post sebelumnya saya sudah membahas tentang Cara Melindungi File Pribadi dengan Password rar dan kali ini saya membahas tentang cara membagi file. Beberapa waktu yang lalu saat saya mencoba mengosongkan beberapa ruang hard disk karena kapasitasnya yang sudah mulai hampir penuh, di mana terdapat file-file besar seperti file game, software dan sebagainya. File-file besar tersebut tidak saya hapus, melainkan saya back-up ke komputer yang satunya tetapi menggunakan flash disk yang kapasitasnya hanya 2 GB sedangkan file-file saya ukuran besar kapasitasnya 6 GB bahkan ada juga yang ukurannya sampai 8 GB. Tentu saja ini tidak akan bisa dilakukan kecuali ada seandainya saja saya punya flash disk yang ukurannya lebih besar.

Tetapi bukan tidak mungkin file-file tersebut tidak bisa dipindahkan. Cara mudah agar file-file tersebut bisa masuk ke dalam flash disk adalah dengan membaginya dengan beberapa bagian. Nah, pada kesempatan kali ini, artikel saya ini membahas "cara membagi file yang berukuran besar" dan membagikannya kepada rekan-rekan di blog ini. Caranya sangat mudah oleh karenanya lihatlah langkah-langkahnya di bawah ini: 

LANGKAH PERTAMA

Komputer rekan-rekan harus terinstal software winrar dulu;

LANGKAH KE-DUA

Pilih file yang akan dibagi, setelah itu pilih "add to archive";

LANGKAH KE-TIGA

Setelah "add to archive" seperti langkah di atas, maka akan muncul jendela seperti gambar di bawah ini:

Cara Membagi File yang Berukuran Besar
Langkah ke-3
Pada gambar di atas, terutama pada kolom "split to volumes" yang saya kasih tanda masukan ukuran file yang rekan-rekan inginkan; >> Pilih format apa yang dikehendaki, lihat pada gambar di atas, pilihanya ada dua yaitu berbentuk zip dan rar;

LANGKAH KE-EMPAT

Masukan ukuran file yang agan inginkan atau dengan meng-klik tanda pada seperti contoh gambar dibawah ini:

Cara Membagi File yang Berukuran Besar
Langkah ke-4


 








 
Misalnya saja file yang akan dibagi adalah berukuran 9 MB (biar mudah ngitungnya) lalu mau dibagi menjadi 2 bagian maka saya masukan nilai didepanya nilai 4 sekian-sekian... dengan satuan 1mb = 1048576 bytes, karena 8/2 menghasilkan 4, sedangkan file contoh 9 Mb, berarti 4++ bytes. Tetapi mau jadi 3 atau berapa pun juga terserah agan. Kalo masih malas ngitung maka tinggal klik saja tanda panah dan ukuran yang sudah tersedia di sana. Tetapi ini biasanya membagi file menjadi beberapa bagian;

LANGKAH TERAKHIR

Setelah semua langkah di atas dilakuan, lalu tekan "ok" dan tunggulah selama proses sedang berlangsung.

Demikianlah artikel “cara membagi file yang berukuran besar” yang saya sajikan ini, semoga bisa membantu agan yang ingin melakukannya dan tak lupa saya ucapkan terimakasih atas kunjunganya ke blog ini.

Selamat mencoba! ^ ^

No comments:

Post a Comment

Jika agan-agan sekalian berkenan, mohon diisi komentarnya di bawah ini. Komentar yang sopan dan konstruktif sangat saya harapkan di blog ini. ^ ^