Monday, January 19, 2015

Cara Menghadapi Psikotes

Cara Menghadapi PsikotesCara menghadapi psikotes mungkin sebagian orang tidak asing lagi dengan hal ini yaitu bagaimana persiapan-persiapan atau cara-cara menghadapi ujian atau tes psikotes, tapi kali ini saya memberikan tips-tips bagaimana menyelesaikankan tes psikotes dan sedikit tips persiapan bagi yang memang belum pernah sebelum melakukan tes psikotes ini.

Sebelum kita masuk pada tips-tips mengenai cara menghadapi tes psikotes ini, alangkah baiknya kita ketahui dulu bahwa tes psikotes sifatnya hanyalah sebagai pengukur kemampuan seseorang yang tidak akurat. Ketidak akuratan tersebut bisa jadi saat seseorang mengikuti tes psikotes tersebutsedang dalam keadaan kondisi sakit, ada beban pikiran, dan faktor financial, dan lain-lain. Namun apapun itu, para pencari kerja yang biasa mau tidak mau harus mampu menghadapi test psikotes ini dulu dengan kondisi apapun para pencari kerja tersebut. Mereka harus mampu menghadapi tes psikotes sebelum ia diterima bekerja di perusahaan atau instansi pemerintah.

Dalam artikel saya kali ini yang berjudul “cara menghadapi psikotes” ini, saya akan mencoba berbagi sedikit tips-tips yang sebelumnya sudah beberapa kali saya terapkan dan sudah saya konsultasikan dengan rekan-rekan saya saat ada kesempatan berbagi pengalaman yang sama tentang psikotes ini. Perlu diingat bahwa cara-cara saya ini tidaklah menjamin sebuah keberhasilan bagi harapan rekan-rekan, tetapi setidaknya saya bisa sedikit berbagi informasi dan mungkin bisa digabung dengan apa yang sudah rekan-rekan ketahui tentang cara menghadapi psikotes ini.

Marilah kita kengetahui dulu nama-nama tes yang biasanya dihadapi saat psikotes:
 
1. Tes penalaran verbal;
2. Tes ejaan;
3. Tes kecepatan dan Ketelitian Klerikal;
4. Tes sinonim;
5. Tes antonim;
6. Tes kosakata;
7. Tes kemampuan angka;
8. Tes visualisasi spasial;
9. Tes kemampuan Umum (biasanya pada tes cpns seperti Pancasila, Bahasa Indonesia, Inggris).

Inilah cara menghadapi psikotes, dan persiapan sebelum menghadapi psikotes yang harus dan sudah pernah saya terapkan:

Pada: Tes Ejaan, Tes Sinonim, dan Tes Antonim

Cari sebanyaknya kata-kata yang terasa asing atau kita tidak mengerti, misalnya kita senang menonton politikus handal yang menjadi narasumber pada sebuah acara ditelevisi, lalu kita catat kata-katanya yang tidak kita mengerti, carilah artinya, dan berusahalah untuk membacanya sesering mungkin. Semakin jauh hari menjelang tes hal ini dilakukan maka akan semakin baik.

Pada: Tes Penalaran Verbal dan Tes Kosakata

Alangkah lebih baik melihat dulu alternatif jawaban soal dan bandingkan dengan alternatif yang lain. Cobalah untuk mengeliminir jawaban yang dianggap salah atau kurang terasa tepat, hal ini dilakukan agar menemukan pilihan jawaban yang paling tepat atau mendekati.

Pada: Tes Kecepatan dan Ketelitian Klerikal

Cobalah berlatih dahulu jauh-jauh hari sebelumnya dengan cara memperhatikan plat nomor kendaraan sambil jalan-jalan, atau lagi nyantai di tepi jalan sambil lihat plat nomor kendaraan yang lewat dan cobalah berpikir berapa jumlah total seluruh nomor plat kendaraan baik motor atau mobil yang lewat.

Pada: Tes Kemampuan Angka dan Tes visualisasi Spasial

Kecepatan dan ketepatan sangat perlu diperhatikan. Tidak ada cara lain yang lebih mudah selain banyak jauh-jauh hari berlatih sebelum menyelesaikan tes ini. Perbanyaklah latihan jauh-jauh hari sebelum menghadapi tes psikotes dan berusahalah menghapal rumus-rumus. Namun adakalnya saat tes, kita harus menggunakan metode seperti di atas yaitu meneliti jawaban yang jawaban yang dianggap salah dan menemukan pilihan jawaban yang paling tepat atau mendekati. Hal ini dilakukan untuk bisa dilakukan untuk mempersingkat waktu dan semua soal terjawab semua.

Pada: Tes Kemampuan Umum

Tes ini biasanya menguji wawasan kita tentang apa-apa yang sedang terjadi, atau sedang hangat menjadi pemberitaan media saat ini. Oleh karena itu sering-seringlah menonton berita, membaca undang-undang dasar negara, membuka web-web berita atau surat kabar untuk menambah wawasan kita. Jika rekan sedang menyelesainkan soal wacana yang panjang, maka usahakanlah agar terlebih dahulu membaca soalnya, kemudian barulah mencari jawaban pada wacana tersebut. Hal ini dilakukan agar tidak makan waktu karena waktu tes psikotes ini amat terbatas. 

CATATAN!

Sebelum melakukan tes psikotes ada baiknya selain berlatih, kita juga harus menjaga stamina tubuh dan pikiran. Jangan lupa berdo’a sebelum dan saat menjelang detik-detik melakukan tes. Pada saat tes psikotes usahakan semua soal terjawab semua.

Demikianlah tips-tips “cara menghadapi psikotes” yang saya sajikan ini,  semoga hal ini bisa membantu bagi rekan-rekan yang ingin melakukan tes psikotes ini. Semoga tips-tips dari saya bisa membantu bagi yang ingin melakukan tes ini. dan tak lupa saya ucapkan terimakasih atas kunjunganya ke blog ini.

Semoga sukses! ^ ^

Image source:
http://wallpaperscraft.com/wallpaper/girl_learning_books_sofa_rug_fatigue_55160

No comments:

Post a Comment

Jika agan-agan sekalian berkenan, mohon diisi komentarnya di bawah ini. Komentar yang sopan dan konstruktif sangat saya harapkan di blog ini. ^ ^